Bahaya, Ayo Rapikan File Dalam Komputermu Sekarang Juga

Aduh sahabat Sherpa, apakah kalian pernah kehilangan file penting kalian? Lupa taruh di folder mana? Panik tingkat dewa karena takut harus mengulangi pekerjaan kalian lagi?

Makanya dari sekarang coba sahabat Sherpa rapikan lagi folder dan file pekerjaannya agar tidak menumpuk dan acak-acakan. Yuk ikuti tips berikut ini:

  1. Pilah lagi folder kalian. Pisahkan folder per project kerjaan. beri judul yang jelas juga sertakan tanggal. Bila sahabat bekerja dibidang jasa, pisahkan lagi folder project tersebut per klien. Contohnya: “Januari 12 – Data presentasi Meeting”. setelah 1 tahun, bisa kita masukan ke folder per tahun. Misal folder “2019”,”2020”, dan seterusnya.

Terkadang kita hanya mengingat tanggal atau hanya mengingat momen kapan pekerjaan itu dilakukan. Oleh karena itu, lebih baik kita tambahkan kedua informasi tersebut pada nama folder kita.

  1. Pisahkan menurut jenis tipe file. Misalkan jika pekerjaan kita berhubungan dengan multimedia, sudah jelas kita memiliki banyak file foto dan video.

File-file tersebut bisa kita pisahkan sesuai jenisnya. Contohnya: folder “foto”, folder “Video”, dan sebagainya. Bisa juga kita bagi lagi menjadi folder “mentahan video” atau “Hasil Edit video”.

Didalamnya jangan lupa terapkan poin pertama dengan membuat folder bertuliskan tanggal dan keterangannya.

  1. Jangan hanya folder, file pun harus kita rename. Setelah folder kita menjadi lebih terstruktur, kita cek isi file didalamnya. Apakah masih menyulitkan untuk mencari file yang diinginkan? Jika iya, maka rubahlah nama file tersebut. Bisa sertakan kode dan judul yang jelas agar lebih rapi.

Misalkan artikel ini diberi nama “dokumen5.docx”. Dapatkah kamu menemukan file yang dimaksud? Lebih mudah mana dengan file berjudulkan “A05 – Bahaya, ayo rapihkan file dalam komputermu sekarang juga”. Dengan mudah kita tahu bahwa artikel dengan judul ini adalah artikel ke lima didalam folder.

  1. Lakukan / tambahkan apa yang menurutmu perlu dan memudahkanmu. Setiap orang memiliki caranya sendiri. Berimprovisasilah dan temukan format yang tepat untuk folder dan file kamu. Pastikan hal tersebut tidak membuatmu bingung, maka kamu akan menemukan file yang kamu butuhkan walau dalam keadaan panik.

Gimana sahabat Sherpa? Sudah rapikah foldermu? Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Jangan lupa kunjungi www.sherpaindoproject.com dan sampai ketemu lagi di tips berikutnya.